Peranan Website dalam Keterbukaan Informasi Publik

Share This Post:

Kegiatan wawancara yang diselenggarakan selama 3 hari yang dimulai sejak 3 s.d. 5 Nopember 2015 berlokasi di The Sunan Hotel Solo itu menghadirkan empat narasumber sekaligus tim juri yaitu ; Prasetyohadi Prayitno (Pimpinan Redaksi Majalah Bintaro), Aryo Wicaksono (PUSDATIN), Edi Abdurrahman (Dosen Universitas BINUS Jakarta), dan Pancat Setyantana (Direktorat e-Government, Ditjen Aptika).

wawancara webiste 2015

Pada kegiatan tersebut dari 10 UPT dan 5 Bakorluh yang terpilih untuk melakukan wawancara dalam rangkaian acara lomba website Badan PPSDMP, tercatat hanya 8 UPT dan 1 Bakorluh saja yang hadir.

Pada hari pertama kegiatan, acara dibuka oleh Sekretaris Badan PPSDMP yang diwakili Kepala Bagian Perencanaan Zahroni. Pada kesempatan tersebut, Zahroni menyatakan bahwa lomba website tingkat UPT  Tahun 2015 ini diharapkan mampu mencerminkan keterbukaan informasi publik yang saat ini sedang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian.

Sebagai Ketua tim juri Drs. Prasetyo Hadi, M.I.Kom menyampaikan bahwa internet merupakan ujung tombak peningkatan kesejahteraan petani melalui konten-konten penyuluhan yang bermanfaat.

Senada dengan apa yang dipaparkan Prasetyo, pakar teknologi informasi PUSDATIN Aryo Wicaksono juga mengatakan bahwa penilaian tidak sekedar melihat tampilan websitenya, tetapi  apakah kontennya sudah memenuhi kriteria pelayanan publik yang baik atau belum.

Hasil lomba akan diumumkan recara resmi melalui Sekretaris Badan PPSDMP yang nantinya akan diteruskan ke Kepala UPT masing-masing, sedankan pemberian hadiah lomba rencananya akan disampaikan pada acara Rapim pada ahir bulan November ini.

Share This Post: