Menyusun Profil Usaha

Share This Post:

BAB. I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Harapan untuk diterima di dunia kerja tentunya tidaklah keliru, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kesempatan kerja pun sangat terbatas dan tidak berbanding linear dengan lulusan lembaga pendidikan baik dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Oleh sebab itu semua pihak harus terus berpikir dan mewujudkan karya nyata dalam mengatasi kesenjangan antara lapangan kerja dengan lulusan institusi pendidikan.

Kesenjangan ini merupakan penyebab utama peningkatan angka pengangguran. Sedangkan pengangguran adalah salah satu permasalahan pembangunan yang sangat kritis khususnya di negara Indonesia termasuk di daerah-daerah di pelosok nusantara.

Salah satu solusinya adalah dengan mencetak lulusan lembaga pendidikan yang memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilannya menjadi usaha mandiri. Selain menjadi solusi bagi dirinya, seringkali usaha mandiri ini mendatangkan berkah bagi orang lain yang direkrut sebagai karyawan ataupun buruh pada usaha yang dirintisnya.

             Adapun alasan-alasan seseorang tertarik untuk berwirausaha adalah sebagai berikut:

1. Alasan keuangan, untuk mencari nafkah, kaya, pendapatan tambahan

2. Alasan sosial, untuk memperoleh gengsi/status untuk dapat dikenal, dihormati

   dan bertemu orang banyak

3. Alasan pelayanan, memberi pekerjaan pada masyarakat

4. Alasan pemenuhan diri, untuk menjadi mandiri, lebih produktif dan untuk menggunakan kemampuan pribadi.

Semua alasan itulah yang mendorong seseorang untuk melakukan terobosan dan memilih berwirausaha. Namun demikian pada prakteknya tidaklah mudah memulai suatu usaha. Rasa takut yang berlebihan akan kegagalan dan kerugian seringkali menghantui jiwa seseorang ketika akan memulai usahanya. Keberanian untuk memulai merupakan modal utama yang harus dimilki seseorang untuk terjun dalam dunia usaha. Namun itu saja tidak cukup, keberanian tanpa disertai perhitungan dan kemampuan berwirausaha seringkali menjerumuskan kita ke dalam situasi kegagalan yang berkepanjangan. Berdasarkan latar belakang tersebut, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu melaksanakan Diklat Kewirausahaan Agribisnis bagi Pemuda Tani

Sebuah profil usaha yang baik secara efektif berisi rincian informasi penting tentang usaha yang anda lakukan. Dengan mengacu pada hal itu, pembaca (atau pengguna) mudah dapat mempelajari/mengetahui tentang tujuan usaha anda baik secara umum dan khusus, kinerja bisnis yang sebenarnya dan prestasi usaha saat ini. Tak pelak, ia berfungsi sebagai alat pemasaran penting yang dapat menarik kemitraan baru, investasi, dan peluang.

Sebuah profil usaha yang baik secara efektif berisi rincian informasi penting tentang usaha yang anda lakukan. Dengan mengacu pada hal itu, pembaca (atau pengguna) mudah dapat mempelajari/mengetahui tentang tujuan usaha anda baik secara umum dan khusus, kinerja bisnis yang sebenarnya dan prestasi usaha saat ini. Tak pelak, ia berfungsi sebagai alat pemasaran penting yang dapat menarik kemitraan baru, investasi, dan peluang. Berikut adalah beberapa panduan mengenai bagaimana Anda dapat membuat profil usaha:

B.    Tujuan Utama

           Tujuan utama menyusun profil usaha ialah untuk mencapai cara baru yang penting untuk menyokong pertumbuhan perusahaan.  Profil usaha bisa digunakan untuk mengarahkan para investor menuju perusahaan Anda, terutama para investor yang hendak berinvestasi di sektor yang berhubungan erat dengan perusahaan Anda, pelanggan baru untuk meningkatkan pertumbuhan usaha atau pegawai potensial baru untuk melejitkan perusahaan. Saat Anda membuat profil usaha dan mengirimkannya ke para investor, ia akan memberikan sebuah pandangan umum terhadap bidang-bidang tertentu yang dianggap relevan dengan minat mereka dalam perusahaan Anda.

BAB II

  KOMPONEN PENYUSUNAN PROFIL USAHA

2.1. Pembuatan Logo

perusahaan Anda. Logo perusahaan Anda harus dapat mewakili misi dan visi, produk dan jasa, atau prinsip-prinsip bisnis Anda. Harus menarik dan mengesankan. Orang harus mampu mengaitkan secara langsung dan mudah untuk Anda. Buatlah elemen yang sederhana dan baik disatukan. Memastikan bahwa itu adalah jelas berada dalam profil perusahaan Anda.

2.2. Sejarah usaha.

Untuk memberitahu pembaca (atau pengguna) tentang awal mulanya usaha yang dikalukan. Sebutkan apa yang menginspirasi, penggerak utama usaha anda untuk mendorong dari usaha tersebut. Menyebutkan jenis usaha, akreditasi yang diperoleh perusahaan secara singkat, mengesankan pembaca tentang track record secara nyata.

2.3. Nama usaha (Perusahaan)

Siapa Manajer (Chief Executive Officer) Siapa saja anggota dewan direksi Anda? Adalah penting untuk mengidentifikasi kepribadian kunci dalam perusahaan, termasuk masing-masing latar belakang akademis dan pekerjaan sebelum bergabung dengan perusahaan. Mereka secara otomatis memberikan prestise dan kredibilitas mengenai dalam menjalankan usaha.

Hal ini juga berguna untuk menampilkan keseluruhan struktur organisasi perusahaan. Pihak yang berminat bisa melihat bagaimana akuntabilitas perusahaan terpenuhi.

2.4. Identitas perusahaan lengkap

Pemilihan produk dan jasa. Orang mengenal lebih banyak tentang kemampuan perusahaan ketika mereka mencari tahu tentang penawaran anda. Pastikan untuk menyertakan deskripsi yang tepat, menyoroti fitur spesifik dan manfaat yang dapat dinikmati oleh yang berkepentingan.

2.5. Target pasar

Sekmen pemasaran dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan sasaran klien. Orang ingin tahu apakah perusahaan anda berada di posisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika perusahaan mampu memberitahu mereka, tentang kemampuan dalam melayani sekarang, dan berkesinambungan, maka konsumen akan   dengan mudah dapat mengetahui apakah mereka cocok atau sesuai sekmen pasar dari usaha kita. Sebagai contoh, melihat situs web resmi perusahaan. Dengan daftar klien mereka browsing, kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa konsumen tertarik dengan jenis usaha yang kita tawarkan.

2.6. Alamat Perusahaan

Alamat yang jelas yang bisa dihubungi sehingga denag mudah dan cepat konsumen dapat kontak secara efisien. Menyediakan semua informasi yang diperlukan dalam profil perusahaan Anda. Tentukan nama lengkap badan hukum perusahaan, termasuk alamat e – mail resmi dan nomor telepon. Sebutkan jika memiliki kantor pusat. tentu saja, yang tidak kalah penting disediakan link website, email resmi untuk sarana pengaduan bagi konsumen.

2.7. Strategi Pemasaran

Memformat informasi dasar dalam profil perusahaan secara lengkap dan menarik,   mudah dipahami ketika diakses, baik dalam bentuk cetak maupun on-line. Transisi dari satu bagian tertentu ke yang berikutnya harus menarik dan user-friendly. Sesuai karakteristik usaha yang dijalankan.

BAB III

LANGKAH MENYUSUN PROFIL USAHA

3.1. Langkah membuat Profil Usaha

Sebuah profil usaha memiliki arti penting dalam pertumbuhan bisnis Anda. Profil perusahaan menerangkan tujuan dan tonggak perkembangan yang dicapai oleh perusahaan Anda hingga sekarang. Profil perusahaan merupakan sebuah alat untuk menunjukkan kinerja perusahaan dan menarik lebih banyak investor, pemilik usaha lain, calon pegawai, dan pelanggan untuk berhubungan dengan perusahaan Anda. Sebuah profil perusahaan yang ditampilkan dalam sebuah brosur harus mampu menampilkan kesan indah dan penuh warna namun tidak meninggalkan impresi profesional. Informasi yang ada harus terorganisir dengan sistematis dan detil serta menyebutkan tema yang berbeda atau dimuat dalam laman web terpisah di situs resmi perusahaan.Bagaimana membuat profil perusahaan yang baik? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyusun sebuah profil perusahaan sendiri.

3.2. Penggunaan profil perusahaan

Sebuah profi perusahaan penting artinya dalam pertumbuhan perusahaan Anda. Tujuan utama menyusun profil perusahaan ialah untuk mencapai cara baru yang penting untuk menyokong pertumbuhan perusahaan.  Profil perusahaan bisa digunakan untuk mengarahkan para investor menuju perusahaan Anda, terutama para investor yang hendak berinvestasi di sektor yang berhubungan erat dengan perusahaan Anda, pelanggan baru untuk meningkatkan pertumbuhan usaha atau pegawai potensial baru untuk melejitkan perusahaan. Saat Anda membuat profil perusahaan dan mengirimkannya ke para investor, ia akan memberikan sebuah pandangan umum terhadap bidang-bidang tertentu yang dianggap relevan dengan minat mereka dalam perusahaan Anda.

3.3. Isi profil perusahaan

         Terdapat beberapa elemen dasar yang harus ada dalam profil perusahaan. Anda bisa menyusun profil yang berbeda untuk ditunjukkan kepada kelompok orang yang berbeda, seperti investor. Jenis profil perusahaan ini hanya akan memuat informasi tentang peluang investasi di perusahaan dan tidak akan memuat banyak informasi tentang bagian lain seperti karyawan atau pelanggan. Di sisi lain, Anda bisa memiliki pilihan untuk membuat satu profil saja yang memuat informasi tentang semua bagian dalam perusahaan Anda. Profil semacam itu akan memuat bagian-bagian informasi yang penting dan relevan bagi sekelompok orang tertentu. Ini bisa jadi sebuah alternatif yang lebih baik karena akan memberikan pandangan menyeluruh tentang prinsip perusahaan dan persyaratan serta ketentuannya.

3.4. Penyajian

         Penyajian merupakan elemen penting dalam profil perusahaan. Sebuah profilseharusnya didesain oleh desainer profesional. Jika profil perusahaan Anda didesain di brosur, kemudian bisa diterbitkan di atas kertas berkualitas tinggi. Jika Anda membuat situs profil perusahaan, Anda sebaiknya menyewa jasa seorang desainer web profesional.

 3.5. Panjang profil

         Tidak ada patokan panjang yang harus dipatuhi dalam pembuatan profil perusahaan. Semuanya tergantung pada jumlah informasi yang hendak Anda berikan mengenai bagian-bagian berbeda dalam usaha Anda. Anda sebaiknya memberikan informasi sebanyak yang Anda bisa. Sebuah profil perusahaan tidak seharusnya terlalu panjang atau terlalu pendek. Namun, sebuah profil perusahaan yang baik setidaknya sepanjang 10 hingga 12 halaman.


BAB IV

KESIMPULAN

KESIMPULAN

Kesimpulannya, itulah semua hal dasar yang bisa Anda ketahui tentang bagaimana membuat profil perusahaan. Menyusun sebuah profil perusahaan itu sederhana dan mudah terutama bagi Anda yang sudah berkecimpung cukup lama dalam dunia bisnis. Ingat juga selalu bahwa profil perusahaan semestinya diperbarui secara berkala dan Anda harus menambahkan prestasi baru ke dalam profil Anda.

DAFTAR PUSTAKA

Dasar-dasar Kewirausahaan, Drs. Astim Riyanto, SH, MH, Yapemdo, Bandung

Entepreneurship Creativity & Organisasi, Te+t, Case, & Reading, John Kao, Prentice Hall, Englewood, New Jers

Kewirausahaan Indonesia Dengan Semangat 17-8-45, Puslatkop dan PK, Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Jakarta, 1995.

Kewirausahaan (Pedoman praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses), Dr. Suryana, Salemba Empat, 2003

Kewirausahaan Teori dan Praktek, Seri Manajemen 77 PPM, Geoffrey. Meredith

Pengantar Kewirausahaan, Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis, Edisi Pertma, Drs. Masykur Wiratmo, Msc, BPFE, Jogyakarta

Pedoman Perencanaan Usaha, Edisi keenam, Devid H. Bangs, Jr, Erlangga,

BIODATA PENULIS

wasis sarjono

Wasis Sarjono. S.Pt.M.Si

Lahir di Klaten – Jawa Tengah, 13 November 1964 lima bersaudara putra Bapak Salim dan Ibu Ngatirah, penulis menyelesaikan pedidikan terakhir di Universitas Diponegoro di Fakultas Peternakan Pasca Sarjana, dengan spesialisasi Sosial ekonomi selesai tahun 2007. Karier penulis dimulai menjadi Penyuluh Pertanian sejak 1987 sampai tahun 2003 di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, tahun 2003 – 2007 bertugas sebagai Fasilitator di Balai Diklat Pertanian (BDP) Provinsi Sulawesi Tenggara, 2007 – 2012 bertugas sebagai Widyaiswara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Sulawesi Tenggara dan tahun 2012 sampai sekarang bertugas sebagai Widyaiswara di divisi Produksi Ternak Perah Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu – Jatim, serta sementara mengikuti Program Doktor di Universitas Brawijaya Malang.

 

Lampiran :

CONTOH 01 : PROFIL USAHA (SKAL KECIL)

La Mamakies

Profil Usaha :
Nama Perusahaan  : La Mamakies
Produksi  : Industri Makanan Rumahan
Alamat Perusahaan  : Jalan Potlot 1 Rt 01/02 Duren tiga, Jakarta Selatan
Email   : Lamamakies@rocketmail.com
Twitter : Lamamakies
No. telp  : 021-7949863
Pendiri   : Hani Tya Rahayu dkk

Produk yang dihasilkan :
1. aneka kue kering
2. Brownies
3. Aneka kue pasar

Harga Mulai dari Rp 2000*

Keunggulan produk :
1. tidak menggunakan bahan pengawet
2. kualitas bahan baku yang selalu dipertahankan
3. bentuk bisa sesuai keinginan **

Kekurangan produk :
1. kemasan masih kurang menarik
Kegiatan Promosi yang dilakukan:
1. memberikan produk sampel
2. memeberikan jaminan produk
3. brosur
4. iklan di sosial media seperi Fb dan twitter.

  1.   Kendala

Kendala yang kita hadapi adalah :

    o   Peta konsumen yang belum terencanakan dengan matang

o   Manajemen waktu yang belum baik 

Solusi

  • Membuat peta konsumen yang tepat
  • Memperbaiki manajemen waktu

Pengembangan Produk :
– memperbaiki kemasan yang menarik dan ramah lingkungan
– menggunakan tepung ubi sebagai alternatif tepung terigu untuk produk tertentu.
– menambah peralatan produksi.
– menggunakan fasilitas KUR (kredit Usaha Rakyat) untuk pngembangan usaha

CONTOH 02 : PROFIL USAHA SUSU KEDELAI “NAZWA GROUP”

Kantor:Jl.Perjuangan Gg.Suka Dame No. 94 Medan Perjuangan Telp 081263646436 Emailnurhadimunthe@gmail.com

  1. Ilustrasi Usaha

Seiring dengan perkembangan Pembangunan di Negara kita Indonesia dan atas upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kami dari usaha kecil NAZWA GROUP dating kepada anda untuk memberikan solusi kesehatan diri anda dan juga keluarga anda serta seluruh lapisan masyarakat.
Perusahaan ini dibentuk dengan menggunakan segala macam perangkat ketentuan dan berbagai persiapan yang matang, teratur dan terkoordinasi yang menjadi dasar perkembangannya.
NAZWA GROUP adalah suatu bentuk usaha kesil di bidang minuman kesehatan yang dipersiapkan secara professional dengan di dukung tenaga-tenaga ahli berbagai disiplin ilmu yang mampu menghasilkan kualitas terbaik yang dapat kami berikan.

  1. Visi dan Misi Usaha

Visi Usaha

Perusahaan akan selalu memprioritaskan aktifitas bisnis yang terpadu dan terprogram untuk memberikan hasil optimal dan kepuasan pelanggan dengan Menjalin hubungan yang baik

Misi Usaha

Berperan aktif menjalankan roda bisnis dengan mendukung program pemerintah untuk dapat meningkatkan kesehatan masyarakat

 

 

 

3 Manajemen Usaha

Perusahaan didirikan dalam bentuk “ KELOPMPOK ” dimana kepemilikan usaha dipimpin oleh orang-orang yang profesional dan pekerja keras yang disepakati atas dasar meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. setiap orang bekerja dengan tugas nya masing-masing sesuai dengan struktur dan bidangnya masing-masing. Direksi dari usaha ini terdiri atas satu orang Ketua Kelompok yang bertanggung jawab penuh dalam memimpin dan melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan maksud dan tujuannya.

  1. PROFIL USAHA

NAMA                                    : NAZWA GROUP
ALAMAT KANTOR              : Jl. Perjuangan Gg. Suka Dame No. 94 Medan

                                             Perjuangan
Telp                                        : 081263646436
Email                                      : nurhadimunthe@gmail.com
JENIS USAHA                     : Minuman Susu Kedelai
JUMLAH KARYAWAN       : 6 orang
MOTTO PERUSAHAN        : “ Solusi Terbaik Untuk Kesehatan “
LEGALITAS                          : Terlampir

STRUKTUR ORGANISASI USAHA
KETUA                       : Nuthadi Munthe
BENDAHARA          : Maimunah
SEKRETARIS          : Peni Wahyuni Indri A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. OPERATIONAL TEKHNISI MARKETING ADMINISTRASI
  1. Nurhadi Munthe
  2. Maimunah
  3. Wahyuni Indri A
  4. Ramadhani
  5. Siti halimah
  6. Nur Fitri
Share This Post: