Sentra Peternakan Rakyat (SPR)

Share This Post:

Sentra Peternakan Rakyat (SPR) adalah kawasan yang terdiri dari satu desa atau lebih pada satu kecamatan atau lebih yang penduduknya memiliki dan memelihara ternak dengan jumlah tertentu sebagai mata pencaharian serta dukungan sumber daya alam untuk kehidupan ternak (air dan bahan pakan).Sentra Peternakan Rakyat (SPR)merupakan media pembangunan peternakan secara terintegrasi bagi pembangunan peternakan. Di dalam SPR, terdapat Sekolah Peternakan Rakyat (Sekolah PR) yang merupakan media transfer ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membangun kesadaran peternak dan mendorong tindakan kolektif. Demikian materi pembukaan yang disampaikan oleh drh Iwan Sofwan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) ketika menjadi fasilitator Diklat bagi Pelatih Pejabat Fungsional Rumpun Ilmu hayati Pertanian ( RIHP ) di Balai Besar Peternakan Pelatihan – Batu.

SPR

Selanjutnya Iwan mengungkapkan Melalui SPR, peternak berskala kecil baik individu maupun yang sudah tergabung dalam kelompok atau asosiasi didorong untuk berkonsolidasi membangun perusahaan kolektif yang dikelola secara profesional dalam satu manajemen, sehingga peternak berdaulat dan memiliki posisi tawar lebih tinggi dan swasembada daging yang hakiki dapat dicapai bersama-sama.

Diklat bagi Pelatih Pejabat Fungsional Rumpun Ilmu hayati Pertanian ( RIHP ) di Balai Besar Peternakan Pelatihan Batu dilaksanakan mulai tanggal 09 – 15 Nopember 2015 yang diikuti oleh 25 orang peserta yang berlatar belakang Widyaiswara, Dosen dan tenaga pengajar. Peserta berasal dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, STPP Malang, BPKH Cinegara, SMKPP Kediri, SMKPP Kupang dan dari BBPP Batu.

( By Iman, Kharisma, Rahmad )

Share This Post: