Pembukaan Diklat Dasar Fungsional Pengawas Mutu Pakan Ahli Dan Pengawas Bibit Ternak Ahli Tahun 2015

Share This Post:

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu kembali mengadakan  diklat dasar fungsional bagi pengawas mutu pakan ahli dan pengawas bibit ternak ahli tahun 2015, diklat dilaksanakan mulai tanggal 03 – 18 Oktober, diklat wastukan diikuti oleh 15 peserta  dan diklat wasbitnak diikuti oleh 15 peserta  

Read More
Dalam sambutannya Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Dr. drh. Rudy Rawendra, M.App. Sc. Mengatakan Permasalahan yang timbul pada bidang pakan saat ini adalah banyak peternak atau industri yang menambahkan obat-obatan, bahan aditif dan suplemen yang tidak sesuai pada pakan. Disamping itu pakan dapat mengandung cemaran fisik, biologi dan kimia serta memiliki kualitas yang rendah. Hal ini mempengaruhi produktivitas ternak, kualitas produk peternakan, dan kesehatan ternak dan manusia. Sebagai salah satu Jabatan fungsional Pengawasan mutu pakan hal tersebut merupakan suatu tantangan karena profesi ini masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat dalam sistem manajemen mutu pakannya. Peran Pengawas Mutu Pakan sangat penting dalam upaya memberikan pemahaman terhadap pemangku kepentingan agar menggunakan pakan yang memenuhi standar mutu sesuai SNI atau persyaratan teknis minimal yang ditetapkan.


Demikian juga Pengawas Bibit Ternak sebagai salah satu jabatan fungsional memiliki tugas, menyiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengembangkan dan melaporkan kegiatan pengawasan bibit ternak  Wasbitnak yang kompeten dan profesional, peran strategis tersebut selama ini juga belum optimal dilaksanakan dilapangan terutama berkaitan dengan perannya ketika  impor komoditas sapi.

Perlu didukung oleh pendidikan dan pelatihan, guna membekali dan meningkatkan kompetensi sebelum menjalankan tugas-tugasnya. Pengalaman seorang Wastukan dan Wasbitnak dilapangan diharapkan dapat mengasah ketajaman berpikir, kemampuan menganalisis masalah dan bertindak cepat dalam dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Faktor yang terpenting adalah kemauan seorang wastukan  dan  wasbitnak untuk maju, untuk belajar,untuk memahami hal hal yang menjadi tupoksinya. 

(By Iman, Imam, Rahmad).

Share This Post: