Diklat dan Sertifikasi Fasilitator Ternak Organik, Inspektur Ternak Organik, Gangguan Reproduksi I

Share This Post:

Pada tanggal 27 Oktober 2015 di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu telah dilaksanakan pembukaan Tiga kegiatan sekaligus yaitu Diklat Fasilitator Ternak Organik, Inspektur Ternak Organik Dan Gangguan Reproduksi I. Diklat Fasilitator Organik Diklat Fasilitator Organik diikuti peserta  berbagai  wilayah terjauh dari Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung dengan total Peserta  30 orang dan dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober sampai 03 Nopember. Dilanjutkan assesmen 04-08 Nopember 2015.  Diklat Inspektur Ternak Organik  diikuti peserta sejumlah 30 orang mulai tanggal 28 Oktober sampai 03 Nopember dan dilanjutkan assesmen 04-08 Nopember 2015, Sedangkan Diklat Gangguan Reproduksi juga diikuti 30 peserta mulai tanggal 28 Oktober sampai 04 Nopember 2015.

pembukaan4pembukaan3pembukaan1
Sambutan Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum DR. drh. Kresno Suharto, MP mengatakan Tujuan dilaksanakan kegiatan berbasis organik seperti Fasilitator dan Inspektur adalah standarisasi dan sertifikasi tenaga kerja pertanian untuk menjawab kebutuhan masyarakat dunia akan produk-produk organik, BBPP Batu sebagai lembaga Pelatihan dituntut untuk dapat mencetak SDM yang siap menjawab persoalan tersebut. “Dalam Pasar Bebas seperti MEA tuntutan produk sehat dan rendah pestisida terutama produk pertanian dan peternakan” Ungkap Kresno.
Gangguan Reproduksi adalah salah satu faktor utama penyebab gagalnya usaha peternakan terlebih ketika ada program gertak birahi nasional. “Gertak birahi yang diikuti kegiatan Inseminasi Buatan akan gagal jika ternak reproduksinya terganggu” jelas kresno. Diakhir sambutan Bapak Kresno Suharto berpesan agar peserta dapat mengoptimalkan kegiatan pelatihan secara maksimal, karena dalam menghadapi MEA yang akan datang kemampuan riil dari peserta yang menjadi nilai tawar, selanjutnya sertifikat yang ada sebagai penunjang.

(By. Iman, Kharis, Rahmat)

Share This Post: