Diklat Juru Sembelih Halal, Pengolahan Susu Dan Sertifikasi Juru Sembelih Halal Angkatan III

Share This Post:

Pada tanggal 14 Oktober 2015 di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu telah dilaksanakan pembukaan Tiga kegiatan sekaligus yaitu Diklat juru sembelih halal, pengolahan susu serta satu kegiatan sertifikasi bagi juru sembelih halal. Diklat Juru sembelih halal diikuti peserta dari wilayah indonesia timur berjumlah 19 orang, Diklat Pengolahan Susu yang terdiri dari ibu – ibu kelompoktani berjumlah 30 orang, kedua kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 14 – 21 Oktober 2015. Sedangkan 30 peserta sertifikasi bagi juru sembelih halal akan melaksanakan kegiatannya pada 14-  25 Oktober 2015.

Sambutan Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan yang diwakili oleh Sabir, S.Pt, M.Si mengatakan Tujuan dilaksanakan kegiatan diklat juru sembelih halal untuk mengisi sumberdaya manusia dibidang penyembelihan halal yang profesional yang bertanggungjawab dan kondisi Rumah Pemotongan Hewan atau Rumah Pemotongan Unggas (RPU). Sedangkan untuk pengolahan susu diharapkan para ibu-ibu kelompoktani dapat membuat olahan – olahan berbahan dasar susu dapat diterapkan didaerah masing-masing. Untuk sertifikasi Juru sembelih halal BBPP batu sudah berhasil mensertifikasi 2 angkatan dan yang saat ini adalah angkatan III, tujuan nya sama dengan angkatan sebelumnya yaitu untuk meningkatkan profesionalisme sebagai Juru Sembelih Halal, yang dipersyaratkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) serta diharapkan agar para pelaku Juru Sembelih Halal mampu meningkatkan keterampilannya.

Khusus untuk peaerta sertifikasi Juru sembelih halal harus ada syarat khusus yaitu mereka yang sudah menangani Penyembelihan Hewan dengan pengalaman selama 2 Tahun, dengan menunjukkan Portofolio penunjang. Diakhir sambutan Bapak Sabir berpesan agar peserta dapat mengoptimalkan kegiatan pelatihan secara maksimal, karena dalam menghadapi MEA yang akan datang kemampuan riil dari peserta yang menjadi nilai tawar, selanjutnya sertifikat yang ada sebagai penunjang.


(By Imam, Iman, Rahmad).

Share This Post: