Bimbingan Teknis Aplikasi Pendukung Informasi Publik

Share This Post:

Diterbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Tahun 2008 dan mulai berlaku dua tahun kemudian setelah disahkan yaitu tahun 2010, maka tuntutan keterbukaan dalam memperoleh informasi di Indonesia semakin mendesak. Keterbukaan Informasi Publik berkeinginan menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (good governance) melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat pada setiap proses kebijakan publik dalam rangka Open Government Indonesia.


Untuk memberikan akses informasi publik dalam rangka pengawasan publik dan mendorong keterlibatan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakannya, Kementerian Pertanian perlu mengelola informasi publik secara akuntabel dan transparan. Pengelolaan informasi publik dimaksudkan untuk meningkatkan layanan informasi publik kepada masyarakat, menciptakan dan menjamin kelancaran dalam pelayanan informasi publik. Dengan latar belakang tersebut  Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pertanian  mengadakan Bimbingan Teknis Aplikasi Pendukung Informasi Publik.


Kegiatan ini dilaksanakan  selama tanggal 15-17 oktober 2015 bertempat di Balai Besar Pelatihan Peternakan ( BBPP ) Batu, dihadiri sebanyak kurang lebih 40 ( Empat Puluh Empat ) peserta dari 17 UPT Kementerian Pertanian diwilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Nara sumber pertama disi oleh Ir. Dwi Retnani Hesti Marhaeni yang menjabat sebagai Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik Biro Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pertanian dan Dilanjutkan Nara sumber yang lain diantaranya Lilik Wulaningtyas, ST dari Pusat data informasi.

Bimbingan teknis di BBPP Batu merupakan kegiatan yang kedua dan terakhir ditahun 2015 setelah pada bulan september kegiatan serupa dilaksanakan di Lembang Jawa Barat.  Sekretariat PPID beralamat di Jl. Harsono RM No. 3, Ragunan, Jakarta Selatan

(By Iman, Imam, Rahmad).

Share This Post: