Kunjungan SMK Kesehatan Surabaya Ke BBPP BATU

Share This Post:

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu pada Senin 12 Oktober 2015 mendapatkan kunjungan dari Siswa siswi Kelas X jurusan Farmasi SMK KESEHATAN SURABAYA. Sekolah kejuruan yang beralamat diwilayah Medokan Semampir Surabaya tersebut sedang melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) dalam bentuk Studi Tour, dengan diikuti oleh 28 Siswa – siswi kelas Farmasi dan 4 guru pendamping.

Menurut Teguh Setiawan Salah satu guru pendamping tujuan mereka datang ke BBPP Batu untuk mempelajari proses pembuatan olahan susu yaitu Permen Susu dan es krim. Lebih lanjut ketika ditanya tentang hubungan kegiatan olahan dengan farmasi,  guru yang mengasuh pelajaran Teknologi Obat Tradisional, IKM, dan Farmatologi tersebut menegaskan bahwa terdapat hubungan antara farmasi dengan olahan olahan pangan di BBPP Batu, semisal setelah mengetahui proses pembuatan es krim, siswa dapat berinovasi dengan mencampurkan bahan – bahan fitofarmaka atau herbal kedalam es krim, contoh es krim Rosella, Ice krim Curcuma dsb. 

Studi tour ini merupakan rangkaian akhir dari proses persiapan mulai dari organisasi, penentuan lokasi studi tour, akomodasi, tranportasi, konsumsi dsb semua diserahkan kepada siswa dengan tujuan mereka dapat mandiri dan mengasah jiwa kepemimpinan mereka. Teguh menambahkan studi tour ini juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga ketika lulus mereka dapat berusaha sendiri.

(By Iman, Imam, Rahmad).

Share This Post: