Magang Dan Pelatihan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika Papua di BBPP BATU

Share This Post:

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu didatangi dari Dinas Peternakan  Kabupaten Mimika Papua dengan jumlah peserta kunjungan sebanyak 4 orang. Peserta  yang terdiri dari kepala seksi di Kabupaten Mimika tersebut diagendakan mulai tanggal 9 – 15 Oktober 2015. Latar Belakang pelatihan tersebut adalah keinginan dari pemda untuk membuat program agar mau melakukan masyarakat mau melakukan budidaya ternak intensif dengan manajemen yang baik, dikarenakan selama ini peternak hanya menggembalakan ternak mereka dihamparan.

Menurut Yosefin Sampelino Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Mimika yang meninjau kegiatan tersebut, dengan mengandangkan ternak teknologi yang harus dipersiapkan adalah pakan selanjutnya dinas berharap akan ada teknologi lanjutan mulai dari biogas, kotoran ternak, pemanfaatan slurry untuk pakan unggas, budidaya cacing dsb. Sehingga dengan nilai tambah seperti itu masyarakat akan tertarik untuk beternak secara intensif.

Pelatihan tersebut dititikberatkan bidang pakan ternak, didampingi oleh Widyaiswara divisi pakan Dr.Ir. Isnandar, MP, dan Ir. Bambang Edy Santoso, MP. Para peserta pelatihan tersebut menerima banyak ilmu yang berkaitan dengan teknologi pengolahan pakan, feed preservation, dan formulasi ransum yang cocok diaplikasikan khususnya bagi pengembangan peternak sapi di Mimika. 

(By Iman, Imam, Rahmad).

Share This Post: