Pertemuan Koordinasi Pengelolaan Website 2012

Share This Post:

Untuk yang kesekian kalinya, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian menyelenggarakan Pertemuan koordinasi Website. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai upaya mengkoordinasikan dan meningkatkan motivasi dari pengelola website BPPSDMP lingkup Pusat dan Unit Pelaksana Teknis.

Pertemuan koordinasi tersebut berlangsung di Hotel Mutiara Yogyakarta pada tanggal 29 s.d. 31 Mei 2012 dan Pertemuan diikuti  45 Peserta  penanggung jawab dan pengelola  website yang berasal dari empat eselon II Kantor Pusat , dan 20 Unit Pelaksana Teknis lingkup BPPSDMP.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris BPPSDMP  Dr. Ir. Edi Abdurahman MS, MSc dalam arahannya menyampaikan beberapa hal terkait dengan kebijakan BPPSDMP menuju e-Goverment. BPPSDMP harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah, mengelola, menyalurkan serta mendistribusikan informasi kepada publik. “Inpres No.3/2003 mengharuskan kita untuk menyelenggarakan e-Gov”.

E-Gov merupakan bentuk layanan instansi pemerintah kepada masyarakat menggunakan teknologi informasi (komputerisasi). Ada 4 (empat) tahap yang harus dilalui yaitu : tahap awal dalam penyelenggaraan e-Gov adalah menyediakan informasi melalui situs web instansi. Tahap II: menyediakan fasilitas interaksi seperti forum konsultasi pertanian, Sistem Informasi Pasar Pertanian, dll. Tahap III: menyediakan fasilitas transaksi seperti perizinan, E-Procurement, EDI, dll. Selanjutnya pada tahap IV: semua aspek layanan dikomputerisasi.

Saat ini, salah satu upaya yang sudah dilakukan dengan mempunyai website kelembagaan. Sebagaimana diketahui bahwa seluruh unit kerja di lingkup BPPSDMP sudah mempunyai website, namun demikian dalam hal pengelolaan masih belum seluruhnya menjadi prioritas yang sungguh-sungguh. Diperlukan teknik khusus memotivasi seluruh pimpinan kelembagaan lingkup BPPSDMP agar dapat lebih terpacu dalam melaksanakan tugas arah kebijakan E-Gov ini.

Sekretaris  Badan juga mengungkapkan bahwa pimpinan kelembagaan merupakan faktor utama dan kunci keberhasilan  dalam pengembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).  Apabila dikaitkan dengan Key Performance Index (KPI), maka kemampuan pimpinan kelembagaan dalam pengembangan TIK tersebut merupakan salah satu poin kriteria penilaian kinerja  pejabat khususnya di lingkup BPPSDMP.

 

 

Oleh : Pararto Wicaksono dan Yongki Hartantyo

Share This Post: