Manajemen untuk Wirausaha Baru

Share This Post:

8

Untuk memiliki manajemen yang baik dalam sebuah bisnis, tentunya ada begitu banyak langkah yang harus dilakukan, dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sayangnya hanya sebagian orang saja yang menyebutkan bisnis apa yang sedang dijalaninya.Namun, untuk langkah awalanya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu :

Pertama, kita harus memiliki visi yang jelas terhadap bisnis tersebut. Visi adalah arah dan tujuan dari perusahaan. JIka kita sendiri masih belum memiliki visi yang jelas terhadap apa yang sedang kita jalankan, bagaimana kita bisa membangun manajemen yang baik ? Tentunya sangat sulit. Jadi, tentukan dulu visi Anda terhadap bisnis yang sedang dijalani. Buatlah secara tertulis, sehingga staf dan karyawan Anda tahu kemana arah dan tujuan dari perusahaan Anda.

Kedua, milikilah Sumber Daya Manusia (SDM) atau orang yang tepat dan bukan hanya orang yang baik saja. Jika kita ingin memiliki manajemen perusahaan yang bisa diandalkan, merekrut orang-orang yang baik saja tidak cukup, tetapi juga harus merekrut orang-orag yang tepat. Contohnya jangan orang yang tidak suka berhubungan dengan orang dan kaku dijadikan orang sales, customer service atau frontliner. Begitu juga sebaliknya, orang yang sangat suka ngobrol dengan orang seringkali cenderung kurang teliti.

Ketiga, sebuah manajemen yang baik perlu tahu bagaimana menggairahkan tim kerja dan anak buahnya agar mereka bisa bekerja dan meraih prestasi. Jika anak buah kita bergairah, maka kesulitan tidak akan dilihat sebagai beban, tetapi sebagai sebuah tantangan untuk meraih prestasi-prestasi berikutnya. Jika mereka bergairah, maka kita akan lebih mudah mengarahkan mereka tanpa harus dipaksa, dan mereka pun akan melakukannya dengan senang hati.

Keempat, punishment and reward perlu menjadi bagian penting dalam perusahaan yang penilainnya setransparan mungkin. Tujuan dari punishment and reward adalah untuk membedakan antara orang yang berprestasi dan yang tidak. Jika orang yang berprestasi tidak diberi reward,  maka suatu saat orang tersebut tidak akan berprestasi lagi.  Punishment and reward yang tepat akan menolong anak buah kita untuk  terus maju. Jangan menjadikan orang pintar dan bodoh sama saja. Jangan sampai orang dinilai dari prestasi kerjanya da bukan hanya karena dekat dengan bos.

Semoga bermanfaat…

Share This Post: