Ekstrak Buah Delima Naikkan Produksi Susu

Share This Post:

delima

Penambahan ekstrak buah delima dapat meningkatkan kesehatan dan performa sapi perah dan kesehatan ambing susu dalam masa menyusui. Hal tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh satu tim ilmuwan Israel.
Tim peneliti menggunakan konsentrat ekstrak delima (concentrated pomeogranate extract/CPE) yang ditambahkan sebagai suplemen dalam diet sapi yang sedang menyusui. Penambahan 10 gr CPE/kg DM (dry Matter) dan 40 g CPE DM emberi efek peningkatan asupan pakan sapi sebesar masing-msing 3,9% dan 4,9% dibanding sapi yang tidak memperoleh perlakuan (kontrol).

Selain peningkatan asupan sapi pakan, sapi yang dapat perlakuan juga menunjukkan kenaikan produksi susu sebesar 5,4% dan 8,2% dibanding kontrol. Juga ditemukan kasus penyakit mastitis klinis yang lebiih rendah pada sapi yang memperoleh diet CPE. Ternyata juga bahwa kegiatan antioksidan pada sapi  yang memperoleh suplemen CPE meningkat sekitar 15,0 – 17,2%.Pada percobaan lebih jauh terhadap kelompok-kelompok sapi yang baru memasuki tahap menyusui dan yang sudah dalam tahap pertengahan masa menyusui, semua tetap menunjukkan hasil serupa yaitu terjadinya kenaikan hasil susu dibanding kontrol.

Disimpulkan bahwa diet CPE mempunyai efek peningkatan produksi dan eenergi susu dan mengurangi pengaruh penyakit mastitis yang menyerang ambing susu.

Sumber : All About Feed.

Share This Post: