Menjadi Negosiator yang Baik

Share This Post:

Businessman Discussing With Colleague In Meeting At Office

Untuk menjadi negosiator yang baik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pertama, kenalilah calon customer Anda. Cari tahu kebutuhannya serta latar belakang mengapa dia membutuhkan barang atau jasa kita. Jika kita tahu bahwa calon customer kita benar-benar menginginkan barang atau jasa kita dan bukan hanya sekdar bertanya, maka negosiasi akan lebih mudah dilakukan karena kebutuhannya sudah ada.

Kedua, orang senang dengana penawaran yang terbaik. Karena itu, sedapat mungkin jangan memberi harga pas kepada customer anda tetapi harga yang masih bisa ditawar. Ingatlah bahwa customer selalu suka menawar dan akan merasa senang jika penjual bisa memberikan diskon dan harga terbaik. Bila Anda adalah penjual, maka turunkanlah harga Anda sedikit demi sedikit hingga bertemu dengan penawaran dari pembeli. Jika Anda adalah pembeli, maka naikkanlah penawaran Anda sedikit demi sedikit hingga bisa bertemu dengan harga yang ditawarkan penjual.

Ketiga, ada orang yang bisa membuat keputusan secara cepat, namun ada pula yang butuh waktu untk berpikir lagi, Bagi mereka yang butuh waktu untuk berpikir, sebaiknya don’t be pushy (jangan terlalu memaksa). Beri dia waktu untuk berpkir, namun beri batas waktu. jika customer tersebut memutuskan untuk membeli dalam jangka waktu tertentu, maka dia akan mendapatkan special diiscount (diskn khusus) atau special treatment (perlakuan khusus). Hal ini akan membuat customer kita berpikir dan memutuskan dengan lebih cepat.

Keempat, berhati-hatilah dengan calon customer yang seolah-olah mau membeli dalam jumlah besar. Kecenderungan dari orang yang ingin membeli dalam jumlah besar terkadang  mengingkan diskon yang lebih besar. Namun tidak jarang terjadi, si customer akhirnya hanya membeli sedikit atau tidak sama sesuai dengan pembicaraaan awalnya.

Semoga bermanfaat….

Share This Post: