Membangun Percaya Diri dan Tetap Rendah Hati

Share This Post:

pd

Mengapa seseorang tidak memiliki rasa percaya diri  ? Hal ini lebih dikarenakan karena orang tersebut memiliki kecenderungan merasa lebih rendah dari orang lain sedangkan orang lain lebih hebat dan lebih super dari dirinya. Itulah sebabnya maka setiap kali bertemu dengan orang, selalu merasa minder.

Selain itu banyak juga orang menyamakan antara rasa percaya diri dengan kesombongaan. Seolah-olah orang orang yang penuh percaya diri itu sombong dan orang yang minder itu adalah orang yang rendah  hati. Itu adalah persepsi yang salah. Bagaimana caranya agar kita bisa meiliki rasa percaya diri yang tepat dan pada saat yang sama kita juga tetap rendah hati ?

Pertama, kita harus sadar bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kelamahannya masing-masing. Sehebat-hebatnya seseeorang, tentu dia tetap memiliki kelemahan. Hanya saja, yang selalu tampak adalah kelebihannya dan bukan kelemahannya. Fokusnya adalah pada kelebihannya dan bukan pada kelemahannya. Jadi untuk bisa memiliki rasa percaya diri yang tepat, kita perlu berfokus pada kelebihan kita dan bukan hanya pada kelemahan kita saja.

Kedua, persepsi Anda terhadap diri sendiri haruslah diubah. Yakinkan pada diri sendiri bahwa Anda meiliki kelebihana yang orang lain tidak miliki. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda pasti bisa melakaukan sesuatu buat perusahaan tempat dimana Anda bekerja. Jika Anda mempunyai pemikiran tersebut, maka tentunya cara pandang Anda terhadap diri sendiri akan berubah. Ketika cara pandang Anda terhadap diri sendiri menjadi baik, maka tentunya rasa percaya diri yang benar juga akan  tumbuh.

Ketiga, setiap hari saat Anda bangun pagi, tataplah diri Anda di depan cermin dan katakan hal-hal positif buat diri anda sediri. Misalnya, ” saya adalah orang yang berharga. Saya bisa mengkontribusikan sesuatu buat perusahaan dimana sayaa ada”. Anda juga bisa mengatakan, “Hari  ini adalah hari yang penuh keberuntungan. Saya akan bertemu dengan orang-orang yang membantu saya. Sesuatu yang baik akan terjadi hari ini”. Ucapkanlah sesuatu yang bisa membangun semangat Anda sendiri. Bila Anda Selalu mengucapkan sesuatu yang positif buat diri Anda, maka hal positif akan terjadi dalam hidup Anda.

 

Share This Post: