Ayo…. Memulai Sebuah Usaha

Share This Post:

usaha

Kadang ketika orang memperoleh uang misalnya dari THR atau modal, yang terpikir pertama kali adalah bagaimana cara untuk membelanjakannya. tetapi bagiaman seorang yang berjiwa bisnis, hal ini merupakan suatu peluang untuk menginvestasikan menjadi sebuah usaha. Bagaiman caranya ? Ada beberapa tahapan untuk memulai sebuah usaha antara lain :

Pertama, lakukan sebuah survey yterhadap kebutuhan masyarakat dimana Anda inginmembuka usaha tersebut. Survey pasar perlu dilakukan agar Anda mempunyai sebuah gambaran tentang apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah tersebut serta seberapa besar potensi penjualan dan pembeliannya.

Kedua, lakukan juga survey terhadap kompetitor yang memiliki usaha sejenis dengan apa yang ingin Anda bangun. Anda perlu tahu apa saja  kelebihan dari kompetitor dan apa saja kelebihan dari usaha yang akan Anda jalankan. Selain itu, nilai tambah apa yang ingin Anda masukkan sehingga bisa membedakan antara bisnis Anda dengan kompetitor.

Ketiga, juallah hal-hal yang dibutuhkan oleh target pasar Anda dan bukan hanya yang Anda anggap baik dan bisa laku. Misalnya, jika Anda ingin membuka toko di sebuah perumahan menengah yang memiliki banyak anak kecil, maka tentunya menjual ice cream merupakan salah satu hal yang akan diminati oleh anak-anak tersebut.

Keempat, tentukanlah waktu yang tepat untuk membuka usaha Anda. Jika Anda ingin membuka toko di sebuah kampus, maka sebaiknya jangan memulai usaha Anda saat kampus sedang libur karena pembelinya tentu sangat sedikit.

Kelima, berpikirlah seperti cara customer Anda dan bukan hanya seperti cara owner atau bagian keuangan berpikir. Misalnya, memberi pelayanan antar (delivery service) adalah sesuatu yang akan menambah biaya dari sisi keuangan karena akan menambah biaya BBM. Tetapi jika hal itu disukai oleh customer dan bisa memberi nilai tambah bagi usaha anda, maka itu adalah hal yang baik sekali.

Share This Post: