Divisi Penyuluhan Pertanian

Profil Divisi Penyuluhan Pertanian

Aktivitas Divisi Penyuluhan Pertanian

Divisi Diklat Penyuluhan adalah salah satu dari Sembilan divisi diklat yang ada di BBPP Batu. Tugas pokok dan fungsi dari divisi ini yaitu melaksanakan Diklat Fungsional bagi penyuluh pertanian PNS, Swadaya, dan Swasta yang meliputi diklat fungsional maupun diklat teknis, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi para penyuluh pertanian khususnya. Harapan yang diinginkan, Penyuluh pertanian dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal dalam pengembangan sektor pertanian.

Dalam menjalankan tugasnya, divisi  diklat penyuluhan  dilengkapi dengan sarana yaitu 1) Ruang Divisi, 2) Ruang Kelas Ekstensia dilengkapi dengan fasilitas Audio Visual, LCD Proyektor Portable dan Mobile, Komputer, Printer, Scaner, TV, White Board Electric, White Board, Wireless Microfon dan fasilitas Edutainment dengan kapasitas 30-40 orang.  Fasilitator pada divisi diklat penyuluhan  ialah Widyaiswara dengan spesialisasi penyuluhan  dan sudah mempunyai pengalaman dalam Diklat Metodologi Penyuluhan Pertanian,  Capacity Building for Indonesian Agricultural Trainers Specialitation Extension Methodology at ATI Central Office Diliman, Quezon City, Philippina. Divisi Penyuluhan dalam menyelenggarakan praktik kompetensi bagi peserta pelatihan bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan (UPTBP) di wilayah Malang Raya (Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang).

Dibidang Kediklatan BBPP Batu memiliki Sertifikat ISO 9001:2008 dengan No Register 01 100 117114 mengenai Penyedia jasa pelatihan teknis, fungsional, kewirausahaan di bidang peternakan bagi aparatur dan non aparatur pertanian termasuk kurikulum dan metode pelatihan sesuai IWA2 Guidelines direkomendasi oleh Lembaga Sertifikasi TUV Rheinland. Dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pelatihan menggunakan pendekatan orang dewasa atau andragogy, Belajar sambil bekerja dikenal dengan Learning By Doing dan belajar dari pengalaman atau lebih dikenal Experience Learning Circle (ELC) dan dalam menentukan kurikulum pelatihan menggunakan pendekatan Competency Based Training (CBT).

Divisi  diklat penyuluhan pada tahun 2012 telah mendapatkan 2 program pelatihan yang sudah terakreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara ( LAN) dengan Nomor: 605/K.1/PDP.10.4/2013 dan masuk dalam kategori ‘A” Amat Baik Yaitu: 1) Diklat Dasar bagi Penyuluh Pertanian Ahli, 2) Diklat Alih Kelompok bagi Penyuluh Pertanian.   

Pada 2 tahun terakhir ini, Divisi Penyuluhan BBPP-Batu sudah menjalin kerjasama diklat dengan BP4K Kabupaten Donggala, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, BP4K Kabupaten Waropen, Dinas Pertanian Kabupaten Jember, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, BP4K Kabupaten Situbondo, UPTD Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Propinsi Sumsel, Kutai Kertanagera Kalimantan, BKP4 Kabupaten Sumbawa Barat, serta BP2KP Kabupaten Pasaman Sumatera Barat .

       

 

Jenis Diklat

A.Diklat fungsional

1.Bagi aparatur

   a.Diklat dasar bagi penyuluh pertanian terampil

   b.Diklat dasar bagi penyuluhanpertanian ahli (terakreditasi A dari LAN)

   c.Diklat alih kelompok bagi penyuluhan pertanian (terakreditasi A dari LAN)

2.Bagi non aparatur

   a.Diklat dasar bagi penyuluhan swadaya

B.Diklat teknis

1.Bagi aparatur

   a.Diklat pengembangan profesi penyuluhan pertanian

   b.Diklat multimedia tingkat dasar

   c.Diklat multimedia tingkat terampil

   d.Diklat multimedia tingkat ahli

2.Bagi non aparatur

   a.Diklat IT program bagi pengurus P4S

   b.Diklat manajemen pengelolaan pelatihan bagi P4S

   c.Diklat kepemimpinan bagi P4S

   d.Diklat penyusunan bahan ajar bagi P4S

 

Pada 2 tahun terakhir ini, Divisi Penyuluhan BBPP-Batu sudah menjalin kerjasama diklat dengan BP4K Kabupaten Donggala, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, BP4K Kabupaten Waropen, Dinas Pertanian Kabupaten Jember, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, BP4K Kabupaten Situbondo serta UPTD Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Propinsi Sumsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *