laporan ternak perah

Laporan Divisi Diklat Ternak Perah

 

LAPORAN HASIL KEGIATAN BIMTEK SAPI PERAH

( TINGKAT PEMULA ) TAHUN 2013 DI BBPP BATU

KERJASAMA DITJENNAK DAN KESWAN JAKARTA

 

Kegiatan bimtek dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 17 sampai dengan 22 Pebruari 2013 di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, kegiatan bimtek sapi perah diikuti oleh 40 orang peserta (terdiri dar i23 peternak dan 17 petugas teknis). Peserta berasal dari wilayah propinsi Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jateng, D I Y, Sulawesi Selatan dan Banten.

Bimbingan Teknis ternak perah tingkat pemula bertujuan untuk peningkatan kompetensi serta membekali peserta agar mampu mengelola usahanya dengan baik dan menguntungkan. Selama bimtek peserta dibekali pengetahuan tentang memilih bibit sapi yang baik, menejemen perkandangan, pemeliharaan pedet , dara, laktasi dan kering serta pemberian pakan, deteksi birahi, recording ternak, memerah susu, penanganan susu, penanganan kesehatan ternak serta analisa usaha dan pemasaran.

Pembelajaran selain dilakukan di dalam kelas, juga dilakukan di luar kelas / praktek lapang. Selain itu, peserta juga diajak kunjungan lapang ketempat pelaku – pelaku usaha dan   praktisi di beberapa tempat di wilayah kabupaten Pasuruan.

 

Adapun selama kegiatan dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Pembelajaran di dalam kelas

Kegiatan di dalam kelas meliputi :

       Pemberian Materi dan Pembekalan oleh fasilitator / narasumber

       Diskusi dan Tanya jawab

2. Pembelajaran diuar kelas

Selain di dalam kelas, Pembelajaran juga dilakukan di luar kelas dengan melakukan praktek secara langsung di tempat sarana pelatihan Balai Besar Pelatihan Peternakan ( BBPP ) Batu. Di tempat ini, peserta bisa beinteraksi / mempraktekkan secara langsung setelah mendapatkan materi – materi di dalam kelas.

 

 3. Peserta mendapatkan STTPL

Setelah melaksanakan kegiatan selama 6 hari, peserta mendapatkan sertifikat tanda tamat

Melaksanakan pelatihan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu – JawaTimur

Share This Post: